Astra Biz Center

Jl. Soekarno hatta no 438 Bandung, Telp. 0811-1871-201

Menu

Cara Mudah Menghitung Pajak Mobil Tahunan Daihatsu Bandung

Saturday, October 9th 2021.

cara hitung pajak mobil

Pajak kendaraan bermotor tidak dapat dielakkan bagi pemilik mobil karena kendaraan dianggap sebagai milik pribadi. Namun bagi pemula yang memiliki mobil pribadi pertama tentu bingung, bagaimana cara menghitung pajaknya?

Teman-teman, Anda dapat membaca

Menentukan tarif pajak kendaraan

Jika tahun ini adalah pengalaman baru bagi Anda untuk menangani pajak mobil pertama Anda, Anda harus bertanya, apa sebenarnya penentuan tarif pajak mobil? Yang pasti payung hukumnya disingkat Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang “Pajak Kendaraan” atau PKB pada umumnya. PKB ini ditentukan berdasarkan produk dari harga jual mobil dan berat yang mencerminkan tingkat kerusakan jalan dan polusi yang ditimbulkan oleh mobil tersebut. Perhitungan pajak ini dibagi menjadi dua bagian: pajak tahunan atas kendaraan yang Anda miliki dan pajak lima tahun.

Kondisi kendaraan yang menentukan PKB

Ada dua syarat khusus yang ditetapkan pemerintah sebagai dasar penghitungan PKB. Kedua kondisi inilah yang perlu Anda waspadai saat ingin memiliki mobil. Anda harus terlebih dahulu membayar tarif 2% untuk setiap mobil pribadi yang Anda miliki, dan kemudian tarif 0,5% untuk setiap mobil pribadi yang Anda miliki. Kedua, entitas juga dikenakan tarif pajak 2% untuk satu kendaraan pribadi yang dimilikinya. Selain dua syarat di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan lima biaya lain yang harus Anda keluarkan selain PKB. Retribusi pertama adalah transfer nama mobil (BBNKB) yang dikenakan tarif 10% dari harga kendaraan jika kondisi baru dan 2/3 dari PKB jika kondisi bekas naik. Kedua, tarif PKB sebesar 1,5% dari harga jual kendaraan dan terus menurun setiap tahun karena harga jual yang lebih rendah.

Biaya ketiga lainnya adalah untuk Sumbangan Dana Wajib Kecelakaan Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp. 143.000, biasanya dikelola oleh Jasa Raharja. Keempat, biaya pengurusan penggantian plat nomor dan ganti nama mobil bekas. Biaya tambahan terakhir adalah denda pajak kendaraan karena keterlambatan perpanjangan masa berlaku STNK sebesar Rp100.000.

Cara menghitung pajak pertama kali

Jangan heran jika pajak awal mobil pribadi teman Anda terasa cukup tinggi. Ini berlaku untuk pertama kalinya, jadi tidak selamanya. Maka akan lebih murah. Pasalnya, ada biaya pembuatan Nomor Kendaraan (TNKB) dan penerbitan STNK. Perhitungan pajak awal meliputi biaya pengurusan PKB, SWDKLLJ, TNKB atau plat nomor, dan biaya pengurusan STNK. Namun, jika Anda membeli mobil bekas, pajak akan ditambahkan ke biaya transfer mobil.

Semua detail ini hanya berlaku di tahun pertama. Tahun berikutnya, Anda hanya akan dikenakan biaya untuk dana kecelakaan lalu lintas, PKB, dan sumbangan wajib biaya administrasi. Selain itu, biaya PKB menurun setiap tahunnya sebagai bentuk depresiasi harga jual.

Cara menghitung pajak mobil setiap 5 tahun

Sobat, jangan khawatir tentang cara menghitung pajak mobil setiap 5 tahun, tidak terlalu rumit. Padahal sama saja dengan menghitung pajak untuk tahun pertama, dan nilainya tidak jauh berbeda.

Sekarang lihat poin-poin pentingnya!

Biaya tahunan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tentunya iuran keanggotaan tahunan sudah termasuk dalam pajak kendaraan setiap lima tahun sekali. Artinya, hanya biaya PKB dan SWDKLLJ. Harga PKB adalah 2% dari Harga Jual Mobil (NJKB), dan SWDKLLJ ditetapkan pada harga Rp. 143.000.

Masih ingatkah Anda jika biaya PKB masih turun, karena sudah pasti NJKB akan terdepresiasi? Misalnya, seorang teman membeli mobil seharga Rp. Harga jual jatuh ke rupiah pada 230.000.000 pada tahun kelima. 190.000.000. Dengan demikian, perhitungan PKB adalah 2% dari harga jual saat ini atau Rp3.800.000.

Jadi, biaya pajak tahunan untuk tahun ke-5 adalah Rp3.800.000 ditambah Rp143.000 SWDKLLJ. Artinya pajak tahunan untuk tahun kelima adalah Rp 3.943.000.

Biaya pengurusan TNKB dan STNK

STNK dan NPWP berlaku selama 5 tahun, namun karena adanya kebutuhan untuk mengubah NPWP dan STNK maka pembayaran pajak setiap 5 tahun pasti akan sama dengan tahun pertama.

Biaya administrasi TNKB sebesar Rp100.000, persetujuan ulang STNK sebesar Rp50.000, dan biaya penerbitan kembali STNK sebesar Rp200.000. Jadi total biaya tambahannya adalah Rp 350.000.

Mobil Terbaru

Related Article Cara Mudah Menghitung Pajak Mobil Tahunan Daihatsu Bandung

Sunday 11 April 2021 | daihatsu Bandung, Paket Kredit

Paket Kredit Daihatsu Terios, Promo Daihatsu Terios, Dp Murah Terios, Dp Paling Murah Terios, Dp paling ringan Terios, Promo Terios, Terios Dp murah, Terios DP…

Sunday 11 April 2021 | daihatsu Bandung, Paket Kredit

Paket Kredit Daihatsu Sigra, Promo Daihatsu Sigra, Dp Murah Sigra, Dp Paling Murah Sigra, Dp paling ringan Sigra, Promo Sigra, Sigra Dp murah, Sigra DP…

Thursday 7 October 2021 | daihatsu Bandung

Astra Asia Afrika Daihatsu Bandung Jl. Asia Afrika No. 127, Bandung, Bandung Hubungi Sales terbaik Daihatsu Bandung Deni Cardiansyah Marketing Executive WA 0812-2431-2689 TELP :…